Minggu, 09 Juni 2013

SOPA dan PIPA


Masih ingatkah kalian dengan The Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA) ?
SOPA dan PIPA merupakan rancangan hukum yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada 26 Oktober 2011 oleh Ketua Komite Kehakiman Dewan Perwakilan Amerika Serikat Lamar Seeligson dari Partai Republik dan kelompok bipartisan beranggotakan 12 sponsor awal.


Hal yang akan terjadi apabila SOPA dan PIPA disahkan 


Yang menurut saya paling mendukung SOPA dan PIPA untuk terus diadakan adalah perusahaan yang bergerak di industri hiburan, karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa banyak sekali orang yang men-download produk-produk hiburan secara illegal dan tanpa izin. SOPA dan PIPA akan membantu untuk mem-block situs-situs yang menyediakan konten-konten yang illegal tersebut. Dan mem-block situs tersebut adalah usaha sia-sia dan tidak akan mengurangi pembajakan, karena walaupun situs itu di block masih tetap bisa diakses melalui numeric IP address. 

Mungkin tujuan SOPA dan PIPA ini terdengar sangat bagus, yaitu untuk mencegah pembajakan atas segala sesuatu yang berada di Internet dan juga melindungi segala bentuk kekayaan intelektual yang ada di Internet tetapi pada kenyataan nya SOPA dan PIPA ini justru memiliki potensi negatif yang akan merubah Internet yang kita kenal sekarang ini. Yang sangat krusial yaitu SOPA dan PIPA akan membatasi kebebasan kita untuk berbicara dan berekspresi. SOPA dan PIPA ini mendapatkan protes keras dari seluruh orang yang tinggal di planet Bumi hehe. Banyak situs-situs di Internet yang melakukan protes dan bentuk protesnya antara lain menutup sementara konten mereka dan memasang pesan untuk protes kepada 2 RUU tersebut, dan situs yang protes adalah Reddit, Wikipedia English, Google, Mozilla dan Flickr. Dan ada sekitar 115.000 web yang melakukan protes atas SOPA dan PIPA ini, selain situs yang melakukan protes ada puluhan juta orang juga yang melakukan protes ini. Selain protes di Internet, ada juga orang-orang yang melakukan demo di dunia nyata termasuk New York City, San Fransisco dan Seattle dan kota-kota lain di seluruh dunia

Banyak situs yang protes RUU SOPA dan PIPA

Bahkan Gedung Putih pun tidak setuju dengan RUU ini karena dapat mengikis kebebasan manusia untuk berbicara dan berekspresi  Pada hari protes, lebih dari 8 juta orang mencari perwakilan mereka di Wikipedia, petisi di Google mencatat sekitar 4,5 juta tanda tangan, lebih dari 1 juta surat elektronik dikirim ke Kongres melalui Electronic Frontier Foundation, selama beberapa jam Twitter menerima sekitar 1/4 juta kicauan per jam mengenai SOPA, para pembuat hukum mengumpulkan "lebih dari 14 juta nama - 10 juta di antaranya adalah pemilih". 

 Para protestan di New York City


 Protestan dari golongan Anonymous

Karena banyak pihak yang tidak setuju SOPA dan PIPA disahkan dan kedua RUU tersebut lebih banyak merugikan daripada untungnya, maka RUU tersebut dibatalkan. Dan sampai sekarang kita masih bisa menikmati Internet seperti apa yang seharusnya. (MLA)

0 komentar:

Posting Komentar