Minggu, 09 Juni 2013

Classification of Internet Censorship

Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas mengenai negara dengan sensor internet paling ketat, yakni Eritrea. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas klasifikasi berdasarkan tipe dan level sensor internet di berbagai negara.
Initiative OpenNet (ONI) dan Reporters Without Borders (RWB) mengklasifikasikan sensor internet di berbagai negara menjadi berikut ini (Wikipedia) :



  
  1.   Pervasive Censorship
Kata pervasive censorship itu sendiri mempunyai arti “menyerap sensor”. Suatu negara tergolong memiliki pervasive censorship apabila internet dinegara tersebut dianggap sebagai “musuh” (Reporter without Border). 
Selain itu, suatu negara diklasifikasikan sebagai pervasive internet apabila  tingkat penyaringan internet  meresap dalam salah satu dari empat bidang (politik, sosial, konflik / keamanan, dan perangkat Internet) yang mereka uji. Negara tersebut sering menyensor konten politik, sosial, dan lainnya dan mungkin memberi sanksi terhadap warga yang melanggar sensor dengan hukuman penjara atau sanksi lainnya (Initiative OpenNet).
Negara yang termasuk dalam kategori ini antara lain Bahrain, Belarus, Burma, China, Kuba, Iran, Korea Utara dan Arab Saudi.

2.   Substansial Censorship


Negara-negara yang termasuk dalam klasifikasi ini merupakan negara yang berlatih memfilter substansial  internet dalam setidaknya satu dari empat bidang (politik, sosial, konflik / keamanan, dan perangkat internet), tapi yang belum termasuk dalam klasifikasi sensor meresap/pervasive. Dengan kata lain, sensor internet di Negara ini tergolong dalam level menengah.
Negara yang termasuk dalam kategori ini antara lain Indonesia, Pakistan, Sudan, Armenia.

3.      3.   Selective Censorship

Negara-negara yang termasuk dalam klasifikasi ini adalah negara yang  berlatih selektif untuk melakukan penyaringan internet dalam setidaknya satu dari empat bidang (politik, sosial, konflik / keamanan, dan perangkat internet), tetapi yang tidak termasuk dalam sensor meresap/pervasive atau klasifikasi substansial. Klasifikasi ini mencakup negara-negara di mana sejumlah kecil situs tertentu diblokir. 
Negara yang termasuk dalam kategori ini antara lain Gambia, India, Georgia, Libia, Mauritania, Singapura dll.

      4.    Under Surveillance
Negara-negara dalam kategori ini berada di daftar "Dalam Pengawasan" RWB(Reporters Without Borders), tetapi belum termasuk dalam klasifikasi sensor meresap, substansial, atau selektif. Negara "Dalam Pengawasan" adalah negara  di mana  sedang berlangsung perubahan atau sedang dipertimbangkan kemungkinan peningkatan sensor internet.
Negara yang termasuk dalam kategori ini antara lain Malaysia, Australia, Mesir.

5. Little or no Censorship

Klasifikasi ini mencakup negara-negara yang tidak terdaftar sebagai "Memusuhi Internet" atau "Dalam Pengawasan" oleh Reporters Without Borders. Selain itu, negara ini juga tidak memiliki bukti penyaringan internet oleh Initiative OpenNet, meskipun kontrol lain seperti penyaringan sukarela, penyensoran diri, dan jenis tindakan lain untuk membatasi pornografi anak, kebencian, fitnah, atau pencurian kekayaan intelektual sering ada.
Negara yang termasuk dalam kategori ini antara lain Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Belgia, Kanada, Jerman dll.

Itulah beberapa pengklasifikasian level keketatan sensor internet oleh Reporters Without Borders dan Initiative OpenNet.  



Author : MSS

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar